0
 Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah nomor yang bersifat unik (tunggal) yang diberikan secara Random kepada peserta didik oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK).

Secara resmi pembuatan Kartu NISN belum ada. Namun kebutuhan akan Kartu NISN di lapangan tidak dipungkiri lagi. Kartu NISN dapat di cetak oleh Dinas Pendidikan atau lembaga sekolah tempat siswa belajar.


Aplikasi cetak NISN dapat didapatkan dengan mudah di sekitar kita. Banyak sekali aplikasi cetak NISN yang beredar dan mudah di dapatkan di sekitar kita yang merupakan kreatifitas teman-teman Operator Sekolah.

Kali ini saya ingin ikut berbagi satu aplikasi cetak NISN yang bisa menjadi alternatif pilihan teman-teman untuk dicoba. Jika pada aplikasi sebelumnya NISN dicetak satu persatu, maka kali ini saya mencoba menyederhanakan tugas teman-teman OPS dengan cetak masal NISN. Sekali cetak 8 kartu sekaligus, sehingga pekerjaan lebih cepat selesai.

Aplikasi berbasis excel ini cukup mudah untuk digunakan, cukup input data siswa, insert foto siswa dan terakhir adalah proses cetak kartu NISN.

Khusus foto yang disisipkan, agar hasilnya rapi, maka sebaiknya foto di edit dulu sesuai ukuran. Ukuran foto yang besar akan membuat aplikasi menjadi berat. Gunakan photo editing yang kita kuasai.

Jika ingin mengedit foto secara mudah dan cepat, bisa juga digunakan Program ACDSee. Tidak memerlukan keahlian yang profesional seperti pada Photoshop untuk mengedit foto.

BACA JUGA : MENGUBAH UKURAN FILE JPG MENGGUNAKAN ACDSee

Setelah data siswa dan foto disisipkan, maka NISN dapat di cetak langsung bagian depan NISN dalam kertas ukuran A4 sekaligus 8 kartu. Langkah selanjutnya adalah cetak bagian belakangnya.



Ingin mencoba aplikasi sederhana ini ???
Silakan download dari link yang tersedia di bawah.

DOWNLOAD APLIKASI

Posting Komentar

 
Top